Slide 1

Berita PUPR > Jurnal Sosial Ekonomi PU Terakreditasi oleh Kemenristek Dikti


Rabu, 18 Juli 2018, Dilihat 337 kali

Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi menghadiri Sosialisasi Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional, Penerapan Aplikasi Jurnal Elektronik dan pemberian sertifikat untuk jurnal yang terakreditasi di Auditorium Utama LIPI, Gedung Sasana Widya Sarwono, Jakarta Selatan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk memberikan akreditasi kepada seluruh jurnal ilmiah di Indonesia.

Jurnal Sosial Ekonomi Pekerjaan Umum (Jurnal Sosek PU) yang dikelola oleh Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi mendapaatkan sertifikat akreditasi oleh Kemristekdikti dengan masa berlaku hingga tahun 2020. Berdasarkan Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah, lembaga akreditasi jurnal telah bergabung di bawah Kemenristekdikti melalui Sistem Akreditasi Jurnal Ilmiah (ARJUNA) dan Science and Tecnology Index (SINTA).

Dalam pembukaan sosialisasi, Laksana Tri Handoko selaku Kepala LIPI menyambut baik proses pengabungan ini. ”LIPI tidak lagi melakukan akreditasi jurnal ilmiah bagi lembaga litbang mulai bulan Juni 2018. Seluruh proses akreditasi jurnal ilmiah secara nasional menjadi kewenangan Dikti”, tegasnya.

Muhammad Dimyati selaku Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemristekdikti juga menjelaskan bahwa semua jurnal ilmiah terakreditasi LIPI dan masih berlaku masa akreditasinya secara otomatis akan diakui oleh Kemenristekdikti sampai habis masa berlaku akreditasinya. Kemenristekdikti menerbitkan sertifikat baru bagi jurnal ilmiah yang telah diakreditasi oleh LIPI.

Kebijakan yang telah disepakati berdasarkan Permenristekdikti adalah : 1) Hanya ada satu lembaga akreditasi; 2) Masa berlaku akreditasi menjadi 5 tahun, terhitung sejak nomor jurnal diajukan; 3) Proses akreditasi jurnal menjadi 6 kali per setahun (dari 2 tahun); 4) menjadi kinerja pengukuran kinerja riset melalui SINTA; 5) Disediakan Cloud OJS gratis ; 6) Disediakan akses database E-Jurnal berlangganan gratis, terdapat 6 peringkat akreditasi (semula 2 peringkat).

Mulai 1 Juni 2018 dimulai pengajuan akreditasi jurnal ilmiah menurut peraturan baru. Masa pendaftaran jurnal ilmiah melalui ARJUNA dibuka sepanjang tahun, demikian pula proses penilaian akreditasinya. Dengan tergabungnya lembaga akreditasi jurnal di bawah Kemenristekdikti diharapkan proses ini dapat berjalan dengan baik demi peningkatan mutu jurnal nasional (spd).