Slide 1

Berita PUPR > Serah Terima Teknologi Jaringan Irigasi Perpipaan Sederhana kepada Kelompok Tani Lancar Rejeki, Kabupaten Magelang


Jumat, 03 Agustus 2018, Dilihat 94 kali

kiri: BLPT SDA melakukan serah terima dengan Ketua Kelompok Tani Lancar Rejeki, Djoko Susilo. kanan: Teknologi Jaringan Irigasi Perpipaan Sederhana

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) sebagai pelaksana Penelitian dan Pengembangan, diseminasi dan alih teknologi telah melakukan serah terima Teknologi Jaringan Irigasi Perpipaan sederhan kepada Kelompok Tani Lancar Rejeki, Desa Srumbung Kabupaten Magelang pada tanggal 28 Juni 2018. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Satuan Kerja Balai Litbang Penerapan Teknologi Sumber Daya Air, Retno Sinarwati kepada Ketua Kelompok Tani Lancar Rejeki, Djoko Susilo. Sekanjutnya teknologi tersebut akan dikelola dan dimanfaatkan oleh kelompok masyarakat tani Desa Srumbung Kabupaaten Magelang untuk peningkatan hasil pertanian mereka.

Teknologi Jaringan Irigasi Perpipaan Sederhana yang telah dikemangkan oleh Balai Litbang Irigasi, Puslitbang Sumber Daya Air utuk mengatasi permasalahan kehilangan air yang sering terjadi pada saluran terbuka, selain itu jaringan ini dapat meningkatkan efisiensi distribusi air dari hulu sampai hilir. Jaringan irigasi ini sangat cocock digunakan pada daerah dengab kondisi topografi miring dan berjenis tanah porus.

Pipa yang digunakan dalam penerapan teknologi di Desa Srumbung Kabupaten Magelang adalah kombinasi pipa PVC dan pipa Galvanis anti karat dengan diameter 6 “ dan ditanam pada kedalaman 30 cm di bawah tanah. Penggunaan pipa Galvanis bertujuan untuk menahan kerusakan yang diakibatkan hantaman batu besar yang banyak terdapat di sekitar sumber air. Jaringan ini dilengkapi dengan boks pembagi yang berjumlah 3 titik dan 1 valve sebagai pengaturan debit air.

Pelaksanaan pekerjaan pemasangan jaringan irigasi peprpipaan ini dilakukan secara gotong royong bersama masyarakat mulai dari perencanaan samapai dengan operasional. Untuk pengawasan teknis dilakukan oleh Tim dari Balai Litbang Irigasi dan Balai Litbang Penerpan Teknologi Sumber Daya Air. (st-blptsda)