Slide 1

Berita PUPR > Indonesia Berhasil Pecahkan Rekor Dunia Tari Poco-Poco Terbesar


Minggu, 05 Agustus 2018, Dilihat 76 kali

Pegawai Puslitbang KPT turut berpartisipasi memeca

Minggu (5/8) pagi, tak kurang dari 65.000 orang berkumpul di Monumen Nasional dan sepanjang Jalan Sudirman hingga Thamrin untuk mengikuti Tari Poco-poco dalam rangka memecahkan Guiness World of Record. Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 73 dan sosialisasi Asian Games 2018. Berbagai elemen masyarakat terlibat dalam perhelatan ini yang terdiri dari 10.000 anggota TNI, 5.000 anggota POLRI, 6.700 pegawai Kementerian/Lembaga negara, 27.000 murid SMA se-DKI Jakarta, 3.000 guru olahraga SMA se-DKI Jakarta, 800 pegawai SKPD DKI Jakarta, 1.000 mahasiswa di wilayah DKI Jakarta, serta perwakilan masyarakat lintas agama dan lingkungan RT/RW. Kementerian PUPR pun turut mengerahkan 200 pegawainya dari berbagai Unit Organisasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan Puslitbang KPT ikut serta mengirimkan beberapa perwakilannya.

Turut menghadiri acara ini Presiden Joko Widodo beserta ibu Negara Iriana Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo berpesan, “Selamat berpoco-poco, semoga kita semuanya sehat, rakyat kita sehat, negara kita kuat,” sebelum beliau bertolak menuju GBK untuk membuka acara Harmoni Indonesia.

Tanda sirine yang dibunyikan oleh Ibu Iriana Widodo sebagai aba-aba bagi para peserta yang kompak mengenakan seragam baju putih, kaos putih, kain batik dan ikat kepala merah untuk memulai tarian Poco-poco bersama-sama. Acara ini merupakan bagian dari upaya untuk pelestarian budaya, mengokohkan persatuan, dan menunjukkan bahwa tarian dari Maluku ini adalah asli milik Indonesia. (tjg-progrev)