Slide 1

Berita PUPR > Insinyur Muda PUPR Siap Bantu Pemulihan Pulau Lombok


Kamis, 30 Agustus 2018, Dilihat 117 kali

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Memberikan Arahan Terakhir Pada Acara Pelepasan di Bandara Husein Sastranegara.

Serangkaian gempa bumi melanda Provinsi Nusa Tenggara Barat mulai dari sebesar 6,4 Skala Ritcher pada 29 Juli 2018 hingga yang terbesar 7 Skala Ritcher pada 5 Agustus 2018 mengakibatkan tidak kurang dari 83.392 unit rumah rusak dan ratusan korban jiwa melayang. BNPB memperkirakan kerugian akibat gempa lombok mencapai 7,7 Triliun Rupiah yang berasal dari lima sektor, yakni sektor pemukiman, infrastruktur, ekonomi prediksi, sosial dan lintas sektor.

Masa pemulihan pasca gempa telah dimulai pemerintah melalui pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika mengunjungi penyintas gempa pada Selasa (21/8). Untuk itu Kementerian PUPR menerjunkan total lebih dari 400 insinyur muda untuk ikut membantu masyarakat membangun kembali hunian yang terdampak gempa. Mereka adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2017 Kementerian PUPR.

Pemberangkatan dilaksanakan secara bertahap dari kota Bandung dan Jakarta untuk langsung menuju Lombok, NTB. Pemberangkatan mulai dilaksanakan pada Kamis (30/8) dari Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara pada pukul 08.00 dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI. Pelepasan rombongan dilaksanakan langsung oleh Sekertaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti.

Misi utama para insinyur muda tersebut adalah untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam melakukan pembangunan rumah masyarakat dengan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang telah teruji tangguh dan tahan terhadap guncangan gempa. Mereka telah dibekali pengetahuan dalam pembangunan rumah RISHA, sehingga diharapkan dapat mempercepat proses rehabilitasi Lombok pasca bencana.

RISHA sendiri merupakan teknologi hasil litbang PUPR bidang permukiman. Menerapkan konsep knock-down, RISHA terbukti lebih cepat dalam tahap konstruksinya dibandingkan dengan pembangunan rumah secara konvensional serta sederhana dalam penerapannya (aaj).