Slide 1

Berita PUPR > Puslitbang KPT Buka Pelatihan Juru Gambar BIM


Rabu, 19 September 2018, Dilihat 82 kali

Puslitbang KPT membuka acara Pelatihan dan Sertifikasi Juru Gambar BIM 3D – 6D

Sebagai salah satu dari rangkaian acara Concrete Show yang digelar di JI Expo Kemayoran pada tanggal 19 – 21 September 2018, Puslitbang KPT diminta untuk membuka acara Pelatihan dan Sertifikasi Juru Gambar BIM 3D – 6D. Acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Pracetak Prategang Indonesia (IAPPI) ini dihadiri oleh 40 peserta, mendatangkan instruktur dari IAPPI, Institut BIM Indonesia, serta beberapa BIM authoring software.

Dalam sambutannya mewakili Kapuslitbang KPT, Kepala Bidang Kajian Kebijakan dan Kerjasama, FX. Hermawan Kusumartono mengapresiasi program pelatihan BIM level 3D sampai 6D yang diperuntukkan bagi para tenaga terampil ini. Lebih lanjut Hermawan menjelaskan bahwa Balitbang bersama Ditjen Bina Konstruksi telah menyiapkan impelementasi BIM di lingkungan Kementerian PUPR sejak 2017; dan pelatihan Juru Gambar ini merupakan salah satu bentuk implementasi tahap Adopsi, salah satu tahapan dalam Roadmap BIM PUPR 2017 – 2024 yang dicanangkan saat perhelatan Digital Construction Day 2017.

Selain pelatihan untuk tenaga terampil, IAPPI (serta asosiasi profesi lainnya) diharapkan terus aktif menyiapkan tenaga ahli dengan kompetensi BIM agar upaya tersebut berjalan paralel dengan langkah-langkah yang sedang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, antara lain sosialisasi, penyiapan modul dan kurikulum untuk membekali ASN dengan kompetensi BIM, pembuatan pilot project, hingga penyiapan standar dan protokol BIM. (adj)