Slide 1

Berita PUPR > Verifikasi 80 Calon Lokasi Penerapan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) disetiap Kecamatan di Nusa Tenggara Barat


Jumat, 14 September 2018, Dilihat 48 kali

Verifikasi calon lokasi penerapan RISHA di Lombok

Berdasarkan Surat Perintah Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rangka melaksanakan penanggulangan bencana gempa di Lombok secara terkoordinasi, terencana, dan terpadu maka perlu menugaskan Tim Asesmen dan Pembangunan Rumah Contoh Tahan Gempa Teknologi Balitbang  Tahun 2018. Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi membentuk Tim Satgas Penanggulangan Bencana Nusa Tenggara Barat.

Dalam kegiatannya meraka ditugaskan untuk melaksanakan asesmen kondisi bangunan publik pasca gempa Lombok, Melaksanakan ToT pembangunan rumah tahan gempa/ RISHA di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan melaksanakan pendampingan teknis pembangunan rumah tahan gempa/ RISHA oleh masyarakat terlatih. Sebelumnya tim satgas telah melaksanakan Training of Trainer pembangunan rumah tahan gempa/ RISHA di Lombok, Nusa Tenggara Barat kepada para CPNS formasi 2018.

Selanjutnya dalam rangka percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi rumah akibat bencana gempa bumi di Lombok pada bulan Agustus 2018 maka Kementerian PUPR akan membangun rumah contoh tahan gempa sebagai tempat pembelajaran bagi masyarakat agar dapat membangun rumah secara swadaya dan mendukung program Balitbang Kementerian PUPR melalui Pusat Litbang Kebijakan dan PenerapanTeknologi untuk membangun Rumah Contoh Tahan Gempa Teknologi Balitbang, Tim Satgas melakukan Verifikasi calon lokasi penerapan Rumah Instan Sederhana Sehat yang sering di sebut Risha di 54 Kecamatan di Nusa Tenggara Barat.

Dengan dengan keriteria bangunan rusak berat, lahan tersedia, ditanah milik negara, diajalan utama, dan pengelola aset datap mengisi pernyataan yang menyatakan bahwa pengelola aset bersedia menyediakan Lahan yang diperuntukan sebagai lokasi pembangunan Rumah Contoh Teknologi Tahan Gempa PUPR , dan setelah selesainya pembangunan bersedia menerima aset dan memeliharanya. Dalam rangka alih teknologi bersedia menerima kunjungan pihak manapun untuk melihat rumah contoh tersebut. (anf)