Slide 1

Berita PUPR > Progres Penerapan Teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) oleh Balitbang PUPR di Lombok


Jumat, 07 September 2018, Dilihat 52 kali

Puslitbang KPT turut serta melakukan pelatihan pembangunan RISHA di Lombok

Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman bersama Puslitbang Kebijakan Penerapan Teknologi pada kali ini kembali memberikan progres yang baik dalam 20 lokasi  dan 80 pembangunan rumah percontohan tahan gempa yg di sebut Risha di setiap kecamatan di Lombok, dalam pembangunannya juga bertujuan melakukan pelatihan sebagai showcase bangunan tahan gempa teknologi Risha dan sebagai alih teknologi. Dengan masa pelatihan  selama 6 bulan dengan konsep pelatihan ini adalah Learning by Doing (membangun sebagai media pembelajaran).

Target pelatihan ini yaitu membimbing fasilitator yang secara berkelanjutan bisa melakukan alih teknologi Risha kepada masyarakat. Peserta pelatihan bangunan tahan gempa teknologi Risha terdiri dari Bangkim sebanyak 182 Peserta, Rekompak sebanyak 20 Peserta dan Bina Konstruksi sebanyak 120 Peserta.

Dalam 1 kali pelatihan bangunan tahan gempa teknologi Risha berbarengan 5 lokasi dengan 10 tim dalam 10 gelombang (150 orang instruktur konstruksi) dengan lingkup pelatihan bangunan tahan gempa teknologi Risha yaitu Perakitan dan Pembuatan panel Risha.Jangka waktu pelatihan perakitan maksimal 3 hari. Kualifikasi fasilitator prakitan dan pembuatan panel dengan kriteria (Lulusan SMK Bangunan, SMA, dan pernah berpengalaman sebagai tukang). Harus ada fasilitator khusus pembuatan panel Risha dengan keahlian (Ahli Pembesian dan Ahli Campuran Semen): Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari oleh 20 orang. Sekali pelatihan 1 tim pembuat panel dilakukan 3 orang yaitu @1 orang FL Beton, @2 orang FL Besi P1 dan P2; P3. Material dan alat di siapkan oleh Bina Konstruksi.

Setelah pelatihan alat cetak akan di hibahkan ke Bumdes, dan Pokmas diperbolehkan meminjam tanpa biaya (gratis). Konstruksi sebanyak 80 unit equivalent dengan 8 unit dengan tipe 36b dengan konstruksi sekaligus Detail Engineering Design (DED) yang Pendampian Teknis bertugas sekaligus Direksi yaitu melakukan pendampingan pembangunan tahan gempa teknologi Risha yang dilakukan masyarakat secara langsung. (anf)