Slide 1

Berita PUPR > Pembahasan Kegiatan Pembangunan 80 Rumah Contoh Tahan Gempa Teknologi RISHA di NTB


Rabu, 05 September 2018, Dilihat 22 kali

Pembahasan kegiatan pembangunan 80 rumah contoh tahan gempa teknologi Risha di Hotel Puri Indah Subak, Mataram

Rabu, 5/9/2018 – Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi mengadakan pembahasan kegiatan pembangunan 80 rumah contoh tahan gempa teknologi Risha di Nusa Tenggara Barat, di Hotel Puri Indah Subak, Mataram. rapat tersebut di pimpin oleh Rezeki Pranginangin Kepala Puslitbang KPT, yang di hadiri oleh para tamu undangan yaitu dari PT. Waskita Karya, PT. Waskita Beton Precast, dan Tim Asesmen dan Tim Teknis Pembangunan Rumah Contoh Tahan Gempa Teknologi Balitbang Tahun 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pada kesempatan itu Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi membahasas hal yang harus dilakukan dalam pembangunan 80 rumah contoh tahan gempa teknologi Risha di Nusa Tenggara Barat. Dan menyepakati beberapa hal bersama PT. Waskita Karya, PT. Waskita Beton Precast, dan Tim Asesmen dan Tim Teknis.

Beberapa hasil kesepakatan antara lain: I) Crash Program 5 dari 80 lokasi Risha yaitu Pekerjaan DED dilakukan oleh kontraktor dengan tipe kontrak Rancang Bangun (Design and Build) Basic Design disampaikan oleh Balitbang Kementerian PUPR. Lima lokasi Risha sebagai lanjutan dari rekontruksi 100 Fasumfasos yang rusak berat adalah Puskesmas Nipah, Posyiyandu Teluk Dalam, Kantor Camat Tanjung, Kantor Camat Pemenang, dan Rumah Jabatan Camat Bayan. Campuran Beton menikuti hasil job mix dengan faktor keamanan untuk  menjaga mutu beton tidak kurang dari K-275. Panel Risha sudah disediakan oleh PT. Waskita Beton Precast di site tersebut selambatlambatnya pada tanggal 14 September 2018, meliputi 168 panel perunit tipe 36B lengkap dengan asesorisnya (baut, ring baut, pelat).

Rencana Kelanjutan 75 unit Risha yaitu pelatihan tenaga PT. Waskita karya, penetapan lokasi sesuai dengan kriteria, Mobilisasi pengiriman panel oleh Waskita, Pengadaan Materi pelatihan, jumlah bangunan 80 unit Risha tipe 36B dengan luas lantai 37,8 m2. Setiap bangunan dilengkapi beberapa atribut pembeda dari Puskim dan bangunan yang direkontruksi sampai dengan finis dan berfungsi dengan baik.