Slide 1

Berita PUPR > Penerapan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Alih Teknologi Hasil Litbang PUPR


Kamis, 08 November 2018, Dilihat 51 kali

Workshop Materi Teknis Alih Teknologi Hasil Litbang PUPR

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PUPR berperan memberikan masukan dalam perumusan kebijakan dan penyelesaian masalah pembangunan infrastruktur. Balitbang PUPR memiliki beberapa teknologi yang siap diterapkan untuk masyarakat. Teknologi yang dinyatakan siap disaring melalu wadah Forum Bisnis dan teknologi yang sudah diterapkan merupakan hasil kegiatan Replikasi Perdana.

Kamis, 8 November 2018 Balitbang PUPR melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) melaksanakan Workshop Penyiapan Materi Teknis Alih Teknologi Hasil Litbang PUPR di Prime Park Hotel Bandung. Acara ini dibuka oleh Kepala Puslitbang KPT yang diwakili oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK) Novri Haryandi. “Hasil rapat dengan anggota DPR menunjukan hasil teknologi Balitbang PUPR belum banyak diketahui oleh masyarakat, oleh karena itu teknologi Balitbang PUPR harus diinformasikan seluas-luasnya kepada masyarakat dan termanfaatkan dengan baik” ujar Novri.

Pembelajaran jarak jauh (E-learning) alih teknologi hasil litbang PUPR terdiri dari Teknologi hasil Forum Bisnis, yaitu: Teknologi Blok Beton Terkunci, Teknologi Blok Beton 3B, Teknologi Saluran Irigasi Modular, Teknologi Jembatan Untuk Desa Asimetris (Judesa), Teknologi Tambal Cepat Mantap (TCM), Teknologi Rumah Unggul Sistem Panel Instan (Ruspin) dan Teknologi Biotour. Sedangkan teknologi hasil kegiatan Replikasi Perdana, yaitu: Teknologi ferosemen untuk jaringan irigasi tersier, Teknologi pemecah gelombang ambang rendah (PEGAR), Jaringan irigasi perpipaan, IPAL Limbah Tahu, Recycling Sampah di Kawasan Wisata, Pengolahan Air Bersih dan Air Limbah di Kawasan Wisata Danau Toba, Teknologi Judesa, Teknologi Asbuton, Ruang Henti Khusus Sepeda Motor.

E-Learning merupakan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi informasi. E-Learning memungkinkan pengguna untuk dapat belajar baik melalui komputer maupun ponsel pintar (smartphone) tanpa harus kontak fisik secara langsung/hadir mengikuti pelajaran yang diberikan.

Dengan adanya e-learning berbasis website dan mobile android diharapkan kedepannya dapat semakin mempermudah para stakeholder untuk mengakses materi-materi hasil penelitian dan dapat memperkenalkan teknologi hasil Litbang PUPR. (nd)