Slide 1

Berita PUPR > Knowledge Management Awareness di Lingkungan Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi


Kamis, 29 November 2018, Dilihat 47 kali

Sekretariat Balitbang

Selasa, 27 November 2018 Sekretariat Balitbang melalui Kepala Bagian Perencanaan dan Evaluasi melakukan Diskusi Knowledge Management Awareness di Ruang Rapat Balai Irigasi. Acara dibuka oleh Kepala Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi dan dihadiri oleh Kepala Bidang Kajian Kebijakan dan Kerjasama, Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Kepala Balai Penerapan Teknologi Litbang Sumber Daya Air, Para Eselon IV dan Peneliti di Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi.

Knowledge Management merupakan alat manajemen untuk mewujudkan target organisasi lebih baik dan lebih cepat, dengan mengintegrasikan antara manusia (dengan mengintervensi inisiatif dan perilakunya), proses bisnis dan teknologi untuk memudahkan proses penyimpanan, pendistribusian dan berbagi informasi / pengetahuan yang relevan dengan bisnis/organisasi.

Pusat Litbang KPT berperan sebagai patent acquisition support dan intermediator yang menghubungkan teknologi hasil litbang yang telah dihasilkan oleh Pusat – Pusat Litbang ke industri tentunya akan sangat terbantu jika knowledge pada organisasi ini dapat dikelola dengan baik. Co-Creation sangat dibutuhkan untuk hilirasi teknologi sebagai core business dari PKPT. Bagaimana membentuk interkasi antara manusia, teknologi dengan proses bisnisnya sehingga tujuan dari organisasi ini dapat tercapai dengan baik.

Komitmen pimpinan sangat menentukan keberhasilan Knowledge Management. Keberhasilan Knowledge Management juga ditentukan oleh people dan culturenya, dana yang besar untuk infrastrukturnya hanyalah pendukung. Kepala Pusat Litbang KPT menyatakan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan Knowledge Management di Lingkungan Pusat Litbang KPTyang akan ditindak lanjuti dengan mengeluarkan surat keputusan tentang pembentukan Tim Knowledge Managementdi lLingkungan Pusat Litbang KPT. (AZ)