Slide 1

Berita PUPR > Pemanfaatan Knowledge Management System (KMS) dan Peran Litbang PUPR Paska Bencana Palu - Sulawesi Tengah


Senin, 11 Februari 2019, Dilihat 34 kali

Dokumentasi Puslitbang KPT dan Kementerian PUPR

Knowledge Management adalah sebuah proses yang membantu perusahaan/instansi untuk mengidentifikasi, memilih, mengorganisasikan, menyebarkan, dan mentransfer informasi dan keahlian yang penting yang merupakan bagian dari ingatan perusahaan/instansi dan yang biasanya berada di dalam perusahaan/instansi dalam bentuk yang tidak terstruktur. (Turban, et al 2008)

Senin, 11 Februari 2019 - Balitbang PUPR melakukan koordinasi Sinkronisasi Data dengan Portal Knowledge Management Badan Litbang PUPR dan Rapat Koordinasi Paska Bencana Palu Sulawesi Tengah. Acara dibuka oleh Sekretaris Badan Litbang PUPR Harry Faza dan dihadiri oleh Pejabat Eselon III, Eselon IV dan Petugas Terkait di Pusat Litbang PUPR.

“Implementasi Knowledge Management harus diiringi dengan transfer ilmu, sharing sebuah ilmu tidak ada ruginya karena kita akan mendapatkan ilmu yang baru”, ucap Harry Vaza pada saat pembukaan acara. Pembukaan Knowledge Management System (KMS) digabung dengan rapat persiapan program dan kegiatan penaggulangan bencana Palu. “Rekonstruksi dan relokasi paska bencana Palu menjadi Ground Training Balitbang PUPR untuk mengaplikasikan katalog teknologi litbang PUPR” ucap Harry Faza.

Sekretaris Badan Litbang PUPR mendorong untuk mengaplikasikan teknologi litbang PUPR di lokasi paska bencana Sulawesi Tengah dan Kota Palu. Contohnya Puslitbang Jalan dan Jembatan memiliki aplikasi Jaki (Jalan Kita) yang dapat digunakan di Palu untuk mendapatkan informasi kondisi jalan. Puslitbang Sumber Daya Air membuat aplikasi Suki (Sungai Kita) yang dapat memberikan informasi kondisi sungai di Sulawesi Tengah. Puslitbang Perumahan dan Permukiman dengan teknologi RISHA dan RUSPIN, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi yang bertugas memasarkan teknologi litbang PUPR agar dapat diterima oleh masyarakat serta membuat kajian dampak sosial, ekonomi penerapan teknologi litbang PUPR. (nd)