Slide 1

Berita PUPR > Ikon Baru Pariwisata Morotai: Waterfront City Daruba Pantai


Kamis, 14 Februari 2019, Dilihat 45 kali

Dokumentasi Tim Puslitbang KPT - Waterfront City Daruba Morotai

Kamis, 14 Februari 2019, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbang KPT, Mokhamad Wahabi beserta para Kepala Balai Litbang Penerapan Teknologi berkesempatan melakukan kunjungan ke Daruba, Kabupaten Morotai untuk meninjau progres penyelesaian kegiatan fisik dan persiapan PHO (Provisional Hand Over) Replikasi Perdana Waterfront City.

Secara umum, pengerjaan 3 (tiga) paket Replikasi Perdana Teknologi Balitbang di Daruba Pantai Morotai bisa dikatakan mendekati selesai. Replikasi Perdana Teknologi Pengaman Pantai 3B sudah 100% selesai dan PHO tanggal 15 Februari, Replikasi Perdana Jalan wisata sudah 100% selesai dan PHO tanggal 7 Februari 2019. Sedangkan Replikasi Perdana Teknologi Toilet Wisata sudah mencapai progress 92,8% dan direncanakan PHO pada tanggal 25 Februari 2019.

Dari hasil monitoring, pekerjaan khususnya di bagian detail dan finishing masih perlu dirapikan kembali, misalnya kerapian pemasangan antar blok 3B, kerapian pemasangan u-ditch, dan kerapian detail bangunan toilet wisata. Detailing dan finishing pekerjaan yang kurang bagus disebabkan oleh kapasitas tukang dan pengawasan yang kurang baik dan ketat. Hasil pekerjaan yang kurang bagus juga disebabkan oleh DED yang kurang komprehensif.

Dalam pertemuan dengan Bupati Morotai, Benny Laos, beliau menyatakan apresiasi terhadap dukungan penuh Balitbang di Daruba dan lokasi penerapan teknologi lain yang semuanya relatif sudah selesai. Bupati juga menyanggupi untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum tertangani, antara lain instalasi listrik dan PDAM, pagar pembatas antara waterfront dan permukiman warga, vegetasi dan memasang lampu di tengah plaza. Bupati juga mengharapkan agar tahun 2020 Balitbang tetap mendukung pengembangan di Morotai, antara lain pengembangan jaringan irigasi dengan teknologi saluran irigasi modular dan pengembangan Waterfront City zona 3. (tjg)