Slide 1

Berita PUPR > Karya Tulis Ilmiah Peneliti Puslitbang KPT Harus Bisa Terbit di Jurnal Internasional Terakreditasi


Rabu, 27 Februari 2019, Dilihat 113 kali

Bimtek KTI Internasional

Pentingnya teknik penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk diterbitkan jurnal internasional khususnya bagi peneliti di lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT). Oleh karena itu, Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK) Puslitbang KPT mengadakan Bimbingan Teknis Penulisan KTI Internasional di Hotel Pranaya BSD City Tangerang Selatan pada tanggal 27 Februari s/d 1 Maret 2019. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi peneliti supaya karya tulisnya dapat diterbitkan jurnal internasional terakreditasi.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang SDK Novri Haryandi mewakili Kepala Puslitbang KPT. "Sebagai pegawai di lingkungan Balitbang khususnya bagi peneliti penting untuk mengetahui teknik dan cara menulis KTI supaya dapat diterbitkan Jurnal Internasional, saya sendiri banyak belajar semenjak berada di lingkungan Balitbang", ucap Novri Dalam sambutannya.

Acara penulisan KTI Internasional dihadiri oleh Kepala Balai Litbang Penerapan Teknologi Jalan dan Jembatan, peneliti di Puslitbang KPT serta peneliti di Balai Litbang Penerapan Teknologi (BLPT) Sumber Daya Air, peneliti BLPT Permukiman dan peneliti BLPT Jalan dan Jembatan. Salah satu materi yang diambil adalah “Why You Should Publish Your Work and Whether It’s Publishable” Oleh pengajar dari UGM Prof. Muh Aris Marfai. “Mengapa harus mempublikasikan tulisan kita? Sharing is caring, publikasi merupakan sebuah kesempatan untuk berbagi pemikiran dan ide - ide, sebagai bentuk tanggung jawab moral untuk membagikan ilmu kita, mempromosikan diri sendiri, meningkatkan eksistensi diri sehingga lebih dipandang oleh orang lain, sebagai suatu achievement / pencapaian, bentuk kontribusi terhadap sains”, Ucap Aris.

Tulisan layak untuk dipublikasikan harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut: Judul tulisan sesuai dengan isi, studi yang dibahas jelas dan signifikan, abstrak menjadi inti dari tulisan yang tercakup dalam 1 alinea, informasi pada abstrak konsisten dengan keseluruhan isi tulisan, abstrak mencakup isu utama, dan pada bagian pembukaan membahas literatur yang relevan. Harapan kedepannya karya tulis peneliti Puslitbang KPT dapat diterbitkan jurnal skala Internasional yang terakreditasi. (nd)