Slide 1

Berita PUPR > Keterlibatan Peneliti Puslitbang KPT dalam Pembentukan HIMPENINDO DIY


Kamis, 21 Maret 2019, Dilihat 80 kali

Himpenindo (Himpunan Peneliti Indonesia)

Himpenindo (Himpunan Peneliti Indonesia) merupakan asosiasi/ organisasi profesi Peneliti dibentuk tahun 2013, Himpenindo dibentuk sesuai dengan PP 11/2017 dimana setiap instansi jabatan fungsional harus mempunyai asosiasi profesi. Per-1 Januari 2019 setiap peneliti wajib menjadi anggota Himpenindo.

Himpenindo berdasarkan Kongres II di Tahun 2018, dirubah dari per-cabang Kementerian menjadi per-wilayah. Kongres juga telah mensahkan Kode Etik dan Perilaku yang telah disusun oleh Himpenindo dan menetapkan keputusan membentuk Komite Etik dan Kehormatan Peneliti (MEKP). MEKP menjadi bagian dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpenindo. MEKP menyusun pedoman pelaksanaan penegakan Kode Etik dan Perilaku Peneliti serta menyusun petunjuk teknis pelaksanaannya termasuk teknis sidang-sidang terkait penegakan Kode Etik dan Perilaku Peneliti.

Menyambut ketentuan tersebut, 18 satuan kerja lintas Kementerian/ LPNK yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepakat untuk membentuk Himpunan Peneliti Indonesia Provinsi DIY. Adapun satker kementerian yang terlibat meliputi Kementerian Pertanian, Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kemendikbud, LIPI, Badan Tenaga Nuklir Nasional dll. Adapun Musyawarah Himpenindo I digelar baru- baru ini (20/3) di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, Batan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Babarsari Yogyakarta.

Dalam Musyawarah I Provinsi tersebut yang diikuti oleh puluhan anggota Himpenindo DIY tersebut, terpilih Prof. Gunawan dari BPTP Kementerian Pertanian menjadi Ketua Himpenindo Provinsi DIY dan Dr.Liliana Baskorowati dari Kementerian LHK sebagai Wakil Ketua masa bakti 2019-2024. Setelah pengukuhan pengurus yang direncanakan berlangsung bulan April 2019 oleh Himpenindo Pusat, Profesor Gunawan mengatakan bahwa agenda program yang segera akan dilakukan ke depan, yaitu sosialisasi tentang peraturan LIPI untuk fungsional peneliti berdasarkan Perka (peraturan kepala) LIPI No.14 tahun 2018. Kepengurusan untuk periode masa bakti ini terbagi menjadi ketua, wakil ketua bendahara, sekretaris, dan 4 kepala bidang (Humas, SDM, Budaya, dan Diseminasi untuk hasil penelitian).

Adapun dalam pembentukan Himpenindo Provinsi ini, peneliti Dimas Hastama Nugraha dari BLPT Permukiman, Puslitbang KPT terlibat sebagai Steering Committee Pelaksanaan Musyawarah I Himpenindo dan juga masuk ke dalam kepengurusan masa bakti 2019-2024, yaitu menjadi Anggota Bidang Humas dan Publikasi. Kehadiran peneliti dari Puslitbang KPT diharapkan dapat menjadi salah satu kontribusi organisasi bagi pengembangan profesi peneliti ke depan. (dim-BLPT-KIM)