Slide 1

Berita PUPR > Pembahasan Longlist Kegiatan Puslitbang KPT Menuju Visium Kementerian PUPR 2020 - 2024


Jumat, 22 Maret 2019, Dilihat 41 kali

Rapat Longlist Kegiatan Puslitbang KPT Menuju Visium Kementerian PUPR 2020 - 2024

Tahun 2020 merupakan tahun awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional IV yang memiliki tujuan untuk mewujudkan manusia Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan di segala bidang dengan struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif. Dalam rangka menyusun Kerangka Pembangunan Jangka Menengah (KPJM) TA. 2020 Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (PusKPT) mengadakan rapat koordinasi pembahasan usulan longlist program dan kegiatan TA. 2020 dan juga membahas progress kegiatan dukungan penanggulangan bencana di Sulawesi Tengah. Agenda yang cukup padat ini diselenggarakan di ruang rapat Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman di Yogyakarta pada tanggal 21 – 22 Maret 2019 dan dihadiri oleh semua Kepala Balai dan Bidang di lingkungan PusKPT beserta jajarannya. Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Sekretariat Balitbang, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbang Jalan dan Jembatan serta Kepala Subbid Program Puslitbang Sumber Daya Air.

Rapat dibuka oleh Plh. Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Herry Vaza. Dalam sambutannya beliau menyampaikan: 1) Dalam proses penyusunan usulan program kita perlu melakukan identifikasi kondisi saat ini, menggali permasalahan, elaborasi instrumen peraturan UU dan kesiapan teknologi litbang serta isu perkembangan lingkungan strategis, 2) Replikasi perdana merupakan media untuk menyakinkan UNOR agar dapat memanfaatkan teknologi hasil litbang, sehingga diperlukan koordinasi intensif dengan Peneliti Puslitbang Teknis dengan tetap mengutamakan kualitas penyedia jasa dan mengkaji aspek sosekling dan rantai pasok, 3) Memperkuat KOMERSIALISASI dan PROMOSI, teknologi hasil Balitbang sebaiknya didorong terlebih dahulu untuk dimanfaatkan UNOR melalui Kebijakan Menteri PUPR atau Dirjen.

Di samping itu, di tengah-tengah diskusi pembahasan usulan Longlist Kegiatan Program 2020.  Beliau tidak lupa menyampaikan “Delivery Hasil Litbang” yang harus digaris bawahi dalam rencana program 2020 – 2024. Secara umum, hasil sinkronisasi Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah (KPJM) dan Pagu Indikatif TA.2020 dapat disimpulkan: 1) Perlu disusun roadmap arah program Puslitbang KPT 2020-2024, 2) Usulan longlist 2020 disusun berdasarkan alur pikir yang memetakan kondisi saat ini, permasalahan yang ada, instrumental input terkait UU, perkembangan lingkup strategis dan outcome, 3) Perlu peningkatan kualitas Kajian Rencana Bisnis untuk meyakinkan UNOR memanfaatkan teknologi hasil litbang, 4) Roadshow pemetaan kebutuhan dan ketersediaan teknologi litbang kepada UNOR, 5) Modul pelatihan kepada Ditjen Bina Konstruksi dan BPSDM agar teknologi litbang dapat lebih dikenal di lingkungan Kementerian PUPR, 5) Hasil pemetaan kebutuhan teknologi dapat disampaikan kepada BPIW agar teknologi litbang dapat diterapkan di Wilayah Pengembangan Strategis.

Pada hari Jumat, (22/3) juga dibahas tindak lanjut survei awal kegiatan dukungan penanggulangan bencana di Sulawesi Tengah. Tim Puslitbang KPT pada bulan Februari – Maret 2019 telah melakukan kunjungan lapangan dan koordinasi dengan instansi di Palu terkait penanggulangan bencana gempa dan tsunami. Balai LPT SDA melakukan kajian Strategi Peningkatan Kesadaran Terhadap Dampak Tsunami Kepada Masyarakat Sempadan Pantai. Balai LPT Permukiman melaksanakan kajian Tata Kelola Pemanfaatan Kembali Puing Bangunan Paska Bencana dan Penyusunan Panduan Sosialisasi dan Pelatihan Pembangunan Tahan Gempa. Selain itu juga Bidang Kajian Kebijakan dan Kerjasama melakukan advis teknis Kajian Alternatif Pendanaan Infrastruktur Pasca Bencana dan Kajian Disaster Management System yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini. (val)