Slide 1

Berita PUPR > Ekspose Teknis Penilaian Kesesuaian Teknologi Asphalt Reinforcement


Selasa, 23 April 2019, Dilihat 51 kali

Ekspose Teknis PKT Asphalt Reinforcement

Sesuai arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, terkait teknologi infrastruktur baru yang akan di terapkan di Indonesia harus melewati tahapan proses Penilaian Kesesuaian Teknologi (PKT) atau Clearing House Technology sebelum bisa diterapkan pada infrastruktur ke PU-an di Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) mengadakan ekspose teknis penilaian kesesuaian teknologi pada hari selasa, 23 April 2019 di Puslitbang Jalan dan Jembatan Bandung.

Ekspose Teknis bertujuan untuk melakukan pendalaman teknis teknologi (bukan promasi produk). Penyedia Teknologi memaparkan informasi, di antaranya: bahan dan material, peralatan, sistem, spesifikasi, hasil pengujian, efektifitas dan efisiensi teknologi, serta analisa harga satuan. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK) Novri Haryandi dan dihadiri oleh Pejabat dan Peneliti di lingkungan Balitbang PUPR, Dinas PUPR, Universitas dan stakeholders terkait. Pada kesempatan pertama, PT. Geotechnical Systemindo memaparkan teknologi Asphalt Reinforcement, G. Thomson memaparkan bagaimana terjadinya retakan pada aspal dan solusi mengatasinya dengan menggunakan asphalt reinforcement.

Asphalt reinforcement terbuat dari polyester bermodulus tinggi dan dilapisi dengan bitumen untuk mencapai ikatan yang baik dengan aspal. Satu sisi memiliki nonwoven ultra-ringan, juga dilapisi dengan bitumen. Nonwoven ini menyederhanakan instalasi dan memastikan ikatan yang menerus antar lapisan. Ikatan yang kuat memungkinkan asphalt reinforcement untuk menerima kekuatan tarik dan mendistribusikannya secara merata di area yang luas. Oleh karena itu, Asphalt reinforcement merupakan metode yang efektif untuk mencegah retak dalam lapisan aspal. Kelebihan Asphalt reinforcement: kuat dan tahan lama, performa stabil dan anti panas. Penerapan Asphalt reinforcement di Jalan raya dan landasan terbang / runway bandara. (nd)