Slide 1

Berita PUPR > Ekspose Teknis Penilaian Kesesuaian Teknologi Roller Barrier Guardrail System


Selasa, 23 April 2019, Dilihat 45 kali

Ekspose Teknis PKT Roller Barrier Guardrail System

Untuk memastikan bahwa teknologi yang ditawarkan sesuai diterapkan di Indonesia dengan mempertimbangkan: Keberadaan Rantai Pasok, Kesiapan SDM, Jaminan Suku Cadang, Kondisi Alam, dan hal-hal lain untuk menjamin kesinambungan teknologi dan meminimalisir ketergantungan dengan produsen, terutama teknologi yang berasal dari luar negeri. Terkait teknologi infrastruktur baru yang akan di terapkan di Indonesia harus melewati tahapan proses Penilaian Kesesuaian Teknologi (PKT) atau Clearing House Technology sebelum bisa diterapkan pada infrastruktur ke PU-an di Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) mengadakan ekspose teknis penilaian kesesuaian teknologi pada hari selasa, 23 April 2019 di Puslitbang Jalan dan Jembatan Bandung.

Ekspose Teknis bertujuan untuk melakukan pendalaman teknis teknologi (bukan promasi produk). Penyedia teknologi memaparkan informasi, di antaranya: bahan dan material, peralatan, sistem, spesifikasi, hasil pengujian, efektifitas dan efisiensi teknologi, serta analisa harga satuan. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kelitbangan (SDK) Novri Haryandi dan dihadiri oleh Pejabat dan Peneliti di lingkungan Balitbang PUPR, Dinas PUPR, Universitas dan stakeholders terkait. Pada kesempatan ini, PT. Anzasa Rairaka Sejahtera memaparkan teknologi Roller Barrier Guardrail System (Alat Keselamatan jalan).

Roller Barrier Guardrail System dirancang khusus dengan mengutamakan keselamatan manusia sebagai pengendara. Dengan adanya silinder putar atau roller pada pembatas jalan, maka membuat kendaraan yang menabrak akan melipir ke samping dan dapat diarahkan mengikuti rel pagar. Kecepatan kendaraan dapat diserap dan berkurang, sehingga tidak terpental ke lajur lain apalagi melewati pagar pembatas jalan.

Keunggulan dari Roller Barrier Guardrail System adalah: material roller padat, teknologi generasi ke-3 (tercanggih), sistem rel terbaik, mampu bergeser menyesuaiakan gerak tabrakan kendaraan, hasil crash test dapat nilai B, kapasitas penyerapan energi kejut paling besar, semua komponen dibuat dalam 1 pabrikan, desain tabung silinder (roller) hanya 1 di dunia, high quality, dan sudah dipatenkan. (nd)