Slide 1

Berita LKIP > SAKIP 2018


Jumat, 10 Mei 2019, Dilihat 46 kali

SAKIP 2018

Akuntabilitas Kinerja adalah perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan/kegagalan pelaksanaan Program dan Kegiatan yang telah diamanatkan para pemangku kepentingan dalam rangka mencapai misi organisasi secara terukur dengan sasaran/target kinerja yang telah ditetapkan melalui Laporan Kinerja Instansi Pemerintah yang disusun secara periodik.

Perbaikan governance dan sistem manajemen merupakan agenda penting dalam reformasi pemerintahan yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Sistem manajemen pemerintahan yang berfokus pada peningkatan akuntabilitas dan sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome) dikenal sebagai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Unit Satuan Kerja merencanakan, melaksanakan, mengukur dan memantau kinerjanya sendiri. Dalam mekanisme tersebut diperlukan adanya evaluasi yang independen agar dapat melihat sejauh mana suatu Unit Satuan Kerja melaksanakan dan memperlihatkan kinerja organisasinya, serta untuk memperoleh umpan balik yang obyektif untuk peningkatan Akuntabilitas Kinerja.