Slide 1

Berita PUPR > Kunjungan Kerja Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi ke Pringsewu


Senin, 13 Januari 2020, Dilihat 26 kali

Kunjungan Kerja Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi ke Pringsewu

Pringsewu - Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi Ir. Rezeki Pranginangin, M.Sc, MM didampingi Kepala Balai Litbang Penerapan Teknologi Sumber Daya Air Dra. Retno Sinarwati, MT beserta tim, dan Tim Bidang Progrev, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pringsewu Lampung, Jumat (10/1/2020). Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung hasil penerapan Teknologi Irigasi Modular dan Pintu Air Fiber di Desa Podomoro, Kecamatan Pringsewu, Provinsi Lampung.

Pelaksanaan penerapan teknologi Irigasi Modular dan Pintu Air Fiber merupakan hasil kajian pemetaan kebutuhan teknologi dan kesiapanterapan pada tahun 2017 dan 2018. Kedua teknologi tersebut dimaksudkan untuk mendukung program pembangunan dan rehabilitasi jarigan irigasi yang membutuhkan saluran irigasi yang cepat, kuat, dan mudah diterapkan.  Teknologi Irigasi Modular dapat meminimalkan kebocoran sehingga lebih efektif dan efisien dalam mendistribusikan air. Sedangkan Teknologi Pintu Air Fiber memudahkan pengaturan pembagian air yang tahan terhadap korosi dan mudah dioperasikan.

Replikasi perdana kedua teknologi tersebut dilakukan Balitbang Kementerian PUPR pada tahun 2019 di Desa Podomoro Lampung untuk saluran sekunder. Dengan terselesaikannya replikasi perdana tersebut, Ketua P3A Bina Lestari Desa Podomoro, Bapak Yatin Priyanto, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kementerian PUPR, “Sebelum dibangunnya teknologi Irigasi Modular dan Pintu Air Fiber, kami sangat kesusahan untuk mendapatkan air di saluran irigasi,. Namun, setelah dibangunnya kedua teknologi ini, kami berharap bisa mendapatkan air yang cukup khususnya di Desa Podomoro”.

Diharapkan dengan terselenggaranya Replikasi Perdana ini, teknologi hasil Balitbang Kementerian PUPR dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas dan dapat diterapkan dibanyak lokasi lainnya yang membutuhkan. (dam & anf)