Slide 1

Berita PUPR > Pelatihan OP Penerapan Teknologi PATH dan Bendung Knockdown Block Beton Terkunci di Nagari Sungai Dareh Sumatera Barat


Rabu, 22 Januari 2020, Dilihat 55 kali

Teknologi PATH di Nagari Sungai Dareh Sumatera Barat

Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) merupakan pompa air yang digerakkan oleh tenaga putaran turbin head rendah penangkap tenaga air, tanpa melalui transformasi menjadi tenaga listrik. Teknologi ini mampu menaikkan air sungai ke daerah layanan yang lebih tinggi dengan menggunakan turbin tipe crossflow.

Rabu, 22 Januari 2020, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) Balitbang PUPR melakukan pelatihan Operasi dan Pemeliharaan (OP) Teknologi PATH dan Bendung Knockdown Block Beton Terkunci yang merupakan teknologi inovasi Puslitbang Sumber Daya Air (Pusair) di Kecamatan Pulau Punjung, Nagari Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Kepala Puslitbang KPT, Ir. Rezeki Peranginangin, M.Sc, MM didampingi Kepala Balai Litbang Penerapan Teknologi Sumber Daya Air, Dra. Retno Sinarwati, MT melakukan peninjauan Penerapan Teknologi PATH dan Bendung Knockdown Blok Beton Terkunci.

Keunggulan teknologi PATH antara lain: Sebagai penyediaan air bersih untuk masyarakat pada lokasi diatas sumber air, Operasi dan Pemeliharaan alat dapat dilakukan masyarakat secara mandiri, Head yang diperlukan cukup rendah.