Slide 1

Berita PUPR > Koordinasi Penyusunan Buku “Kiprah 5 Tahun Puslitbang KPT”


Rabu, 04 Maret 2020, Dilihat 60 kali

Koordinasi Penyusunan Buku Kiprah 5 Tahun Puslitbang KPT

SURABAYA – Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Buku “Kiprah 5 Tahun Puslitbang KPT” yang dilaksanakan tanggal 2-3 Maret 2020 di Surabaya. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, dan narasumber dihadiri oleh Kepala Badan Litbang PUPR, Sekretaris Badan Litbang PUPR, Kabag. Perencanaan dan Evaluasi, Kabag. Kepegawaian dan Ortala, serta para pejabat struktural di lingkungan Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi.

Pada rapat kerja tersebut, Rezeki Peranginangin menyampaikan beberapa sambutan dan arahan untuk persiapan Penyusunan Buku “Kiprah 5 Tahun Puslitbang KPT”. Buku ini harus memberikan gambaran dari masa ke masa tentang perjalanan Puslitbang KPT, Balitbang PUPR sejak tahun 2015 s.d 2019. Tidak hanya merupakan dokumentasi, buku ini juga mengungkapkan berbagai hasil kajian/riset dalam bentuk pedoman, rekomendasi kebijakan dan replikasi perdana dari teknologi bidang Sumber Daya Air, Permukiman serta Jalan dan Jembatan.

Disamping itu, Outline buku yang telah disepakati meliputi: Bab I Pendahuluan (Tantangan Balitbang dan latar belakang pembentukan Puslitbang KPT), Bab II Puslitbang KPT (Tusi, Visi, Misi, Tujuan, Arah Kebijakan dan Core Business Periode 2015 s.d 2019), Bab III Pencapaian Puslitbang KPT 2015 s.d 2019 (Rekomendasi Kebijakan, Forum Bisnis, replikasi Perdana, Penilaian Kesesuaian Teknologi dan Advis Teknis, Bab IV Tugas Tambahan/Adhoc lainnya (Gender, NCICD, Supporting BIM, E-Katalog Sektoral dan Tim Bencana PUPR, BAB V Keberhasilan Outcome/Manfaat (Pemetaan Kebutuhan Teknologi, Kesiapterapan Teknologi, Replikasi Perdana, Kajian Kebijakan Penyelenggaraan Infrastruktur PUPR, Kebijakan Penerapan Teknologi, Forum Bisnis, Advis dan Layanan Teknis, dan Penilaian Kesesuaian Teknologi, Bab VI Kesimpulan.

Semoga buku ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pembaca serta bermanfaat bagi pembangunan Indonesia khususnya inovasi teknologi baru yang akan diterapkan di dalam negeri bahkan sampai mampu digunakan di luar negeri, dengan mengacu pada prinsip teknologi yang lebih efisien (mudah), lebih kuat/tahan, lebih cepat dan lebih mudah pengerjaannya (termasuk pemeliharaannya), sekaligus teknologi yang lebih ramah lingkungan. (val)