Slide 1

Berita PUPR > Peningkatan Kapasitas SDM Puslitbang KPT di Kawasan Agrowisata Gunung Mas


Rabu, 11 Maret 2020, Dilihat 113 kali

Peningkatan Kapasitas SDM Puslitbang KPT di Kawasan Agrowisata Gunung Mas

Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap dan perilaku. Harus disadari bahwa berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi. Oleh karena itu, pada hari Senin 9 Maret 2020 Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) mengadakan Pengembangan Kapasitas SDM di Agrowisata Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama 2 hari.

Acara dibuka oleh Kepala Puslitbang KPT Rezeki Peranginangin. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan pentingnya kebersamaan, kekompakan, integritas dalam sebuah organisasi, dan dimanapun kita ditempatkan pada organisasi yang baru silaturahmi harus tetap terjalin. Turut hadir dalam acara, yaitu: Plt Kepala Badan Litbang PUPR Lukman Hakim, Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi Rezeki Peranginangin, Kepala Puslitbang Jalan dan jembatan Deded P Sjamsudin, Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman Dian Irawati, para pejabat struktural dan pejabat fungsional, serta seluruh pegawai di lingkungan Puslitbang KPT.

Secara umum, peningkatan kapasitas SDM dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM. Pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi, dan bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan. Pada level individu, agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat dilakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai, serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.

Setelah satu hari penuh melakukan kegiatan outdoor peningkatan kapasitas SDM dan pada malam harinya di isi kegiatan ramah tamah, Selasa pagi seluruh peserta melakukan senam bersama serta Tea Walk ke lokasi kebun teh yang ada di kawasan Agrowisata Gunung Mas. (nd/ch)