Slide 1

Berita PUPR > Penerapan Teknologi IPA dan IPAL di Kawasan Wisata Danau Toba


Jumat, 23 Maret 2018, Dilihat 154 kali

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) melakukan serah terima Pengelolaan Teknologi IPA dan IPAL Mendukung Toilet di Kawasan Wisata Tele pada hari Jumat, 23 Maret 2018. Kepala Puslitbang KPT Rezeki Peranginangin didampingi oleh Bupati Kabupaten Samosir tiba dan disambut oleh tarian tradisional dari daerah Sumatera Utara.

Toilet yang dibangun menggunakan teknologi Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) merupakan replikasi perdana sekaligus untuk membuktikan bahwa teknologi yang telah dibuat dapat dimanfaatkan untuk kepentingan umum. Teknologi IPA dan IPAL ini diinstal atas kerjasama dengan PT Duta Cahaya Deli di atas lahan seluas 1.228 meter persegi, untuk IPA dilengkapi oleh menara aerasi sementara untuk Ipengolahan air minum dilengkapi dengan teknologi reverse osmosis. Sistem IPAL menggunakan biofil dan kolam sanira. Bangunan dan seluruh perlengkapannya dibangun dengan sistem rancang bangun (design and build). Keseluruhan teknologi yang diterapkan merupakan hasil penelitian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman.

“Sebenarnya ini adalah replikasi perdana teknologi air minum dan air limbah. Tapi kita bungkus ke dalam toilet umum wisata dalam rangka mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Jadi nilai manfaatnya lebih tinggi lagi. Kita punya sepuluh KSPN, kita harapkan bisa direplikasi teman-teman pemda,” terang Rezeki.

Fasilitas toilet sendiri berada di lantai 1, dimana terdapat lima toilet wanita dan tiga toilet pria ditambah lima urinoir. Selain itu juga dilengkapi satu toilet difabel, ruang laktasi, pantry, dan mushola. Sementara di lantai dua, terdapat ruang transparan yang dapat dimanfaatkan sebagai area serba guna berkapasitas 40 orang, area terbuka, dan balkon pemantauan. Untuk memudahkan masyarakat difabel mengakses lantai dua, toilet ini juga dilengkapi dengan jalan tanjak memutar yang cukup lebar. (nd)