Slide 1

Berita Advis Teknis > Advis Teknis Banjarnegara


Senin, 12 Januari 2015, Dilihat 130 kali

Bencana longsor Banjarnegara terjadi Jumat, 12 Desember 2014 pukul 18.00 WIB. Puncak bukit Telaga Lele luruh dalam waktu lima menitmenimpa Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara,yang berada tepat di lereng bukit. Bencana longsor terjadi pada saat cuaca cerah, dan gerimis ringan hanya terjadi sebentar pada pag hari kejadian. Namun sehari sebelum bencana terjadi, Dusun Jemblung diguyur hujan deras pada tanggal 10 dan 11 Desember 2014 sehingga tanah jenuh dengan air dan akhirnya memicu longsor.

Peristiwa itu juga merusak sawah seluas 8 hektar dan 5 hektar kebun palawija2. Material longsoran bukit menutup jalan raya penghubung Pekalongan-Banjarnegara. Puncak bukit longsor menerjang perkampungan, menutup saluran sungai sepanjang 1 kilometer, lalu melompat ke badan jalan dengan ketinggian sekitar 50 meter dari sungai. Bencana ini menimbun 35 rumah dan 1 masjid yang berada di dalam area dusun seluas 25 hektar.

Selain bencana longsor yang terjadi di Dusun Jemblung, terdapat beberapa kejadian longsor lain di Kabupaten Banjarnegara yang menyebabkan terputusnya akses beberapa ruas infrastruktur jalan. Namun sebagian dapat segera ditangani,diantaranya adalah di Tunggoro dan jalur Banjarnegara Karangkobar. Sementara itu hingga hari Kamis, 18 Desember 2014, jalur Karangkobar – Wanayasa belum dapat dilewati karena kondisi longsor yang kian parah. Jalur kendaraan umum atau organda jurusan Wanayasa dan Kalibening atau Pekalongan terpaksa berputar melalui jalan alternatif Desa Gripit Banjarmangu. Sedangkan jurusan Dieng bisa ditempuh lewat Kab. Wonosobo.