Slide 1

Berita PUPR > Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Teknologi IPAL dan TPS3R di Kecamatan Muntilan


Senin, 07 Mei 2018, Dilihat 126 kali

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi melakukan kerjasama dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kerjasama yang dilakukan merupakan kegiatan replikasi perdana teknologi, inovasi konsep kelembagaan, pembiayaan dan tata kelola persampahan di kawasan wisata religi Gunung Pring. Adapun replikasi perdana meliputi kegiatan perencanaan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) berbasis masyarakat, pembangunan TPS3R beserta fasilitas pendukung, penyusunan dokumen kesiapan teknologi, dan penyiapan kelembagaan pengelola TPS3R. Replikasi perdana lainnya adalah menerapkan teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk mengatasi pencemaran limbah industri tahu di Desa Tamanagung.

Maksud Perjanjian Kerjasama ini adalah menciptakan hubungan kerjasama yang bermanfaat bagi para pihak dalam rangka penelitian dan pengembangan serta penerapan teknologi bidang penyehatan lingkungan permukiman untuk mendukung peningkatan pelayanan pengelolaan sampah yang pemanfaatannya langsung dirasakan oleh masyarakat Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang.

Ruang lingkup penerapan terbatas TPS3R berbasis masyarakat di Desa Gunungpring meliputi:  Fasilitasi penyiapan lahan sebagai lokasi penerapan TPS3R berbasis masyarakat, Pembentukan dan pendampingan kelembagaan pengelola untuk keberlanjutan TPS3R berbasis masyarakat yang sudah dibangun, Pelaksanaan operasional dan pemeliharaan TPS3R berbasis masyarakat, Pelaksanaan serah terima hasil penerapan terbatas teknologi hasil litbang bidang PUPR berbasis masyarakat beserta sarana dan prasarana pendukungnya.

Ruang lingkup Perjanjian Kerjasama IPAL meliputi: Penerapan terbatas teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) industri tahu berbasis masyarakat di Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Penyiapan lahan sebagai lokasi penerapan teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) industri tahu berbasis masyarakat, Pembentukan dan pendampingan kelembagaan pengelola untuk keberlanjutan teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) industri tahu berbasis masyarakat yang sudah dibangun, Pelaksanaan operasional dan pemeliharaan teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) industri tahu berbasis masyarakat, Pelaksanaan serah terima hasil penerapan terbatas teknologi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) industri tahu berbasis masyarakat beserta sarana dan prasarana pendukungnya.

Perjanjian Kerjasama ini dibuat dan ditandatangani oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Badan Penelitian dan pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. (nd)