Slide 1

Berita PUPR > Clearing House Technology Pegar Geotextile Woven PT. Geotechnical Systemindo


Rabu, 30 Mei 2018, Dilihat 125 kali

Dalam rangka mewujudkan permintaan PT. Geotechnical Systemindo untuk memperkenalkan “PEGAR Geotextile Woven” pada bidang infrastruktur Sumber Daya Air, maka Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) Balitbang PUPR  pada Kamis (31/5) menyelenggarakan Eskpose Perkenalan Teknologi dan diskusi teknis untuk melakukan Penilaian Kesesuaian Teknologi (Clearing House Technology) di Gedung  Graha Wiksa Praninti, Puslitbang Perumahan dan Permukiman  Jalan Turangga No.5-7 Bandung. Acara dipimpin oleh Bapak Rezeki Peranginangin selaku Kepala Pusat dan dihadiri oleh Kepala Bidang Kajian Kebijakan dan Kerjasama, Balai Litbang Penerapan Teknologi Sumber Daya Air, Balai Litbang Penerapan Teknologi Jalan dan Jembatan, perwakilan dari PT. Geotechnical Systemindo, Bina Konstruksi, BPPT dan Polban.

Dalam paparan PT. Geotechnical Systemindo PEGAR Geotextile Woven adalah solusi ekonomis yang dapat digunakan untuk separasi tanah, stabilisasi, filtrasi, penahan erosi lereng dan proteksi abrasi pantai. Material ini anti lumut, jamur, dan bahan kimia yang terdapat di tanah. Fungsi proteksinya tidak terpengaruh oleh sinar ultra violet dan faktor lingkungan lainnya, dan sebagai proteksi, dan tidak perlu ditimbun lagi oleh tanah. Keunggulan dari PEGAR Geotextile Woven adalah kuat dan tahan lama, performa stabil, anti zat kimia, anti panas, anti sinar ultra violet, dan anti organisme mikro dan serangga pengerat. PEGAR Geotextile Woven dapat diaplikasikan di jalan aspal dan jalan tidak beraspal, dinding penopang dan tanggul, landasan terbang pelabuhan udara, perkuatan lereng, penahan longsoran, reklamasi pantai dan konstruksi bangunan laut.

Berkaitan dengan hasil perkenalan tersebut Kepala Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi, Bapak Rezeki Peranginangin, memberikan masukan dan arahan Pedoman PEGAR yang telah disusun dan menjadi R3 hanya terdapat material non woven jika material woven ini ingin dipergunakan oleh Kementerian PUPR maka pedoman harus di revisi dan segera difinalisasikan namun sebelumnya harus dilakukan uji lab produk PT. Geotechnical Systemindo oleh Pusjatan sehingga keluar surat lulus uji lab (sesuai standar Kementerian PUPR) dan uji gelar.