Galeri Foto


Kamis, 26 Oktober 2017, Dilihat 250 kali

 

Aspal Campur Plastik digelar di Rest Area Tol Merak



Merak - Banten, Kamis, 26 Oktober 2017

Inovasi Badan Litbang Kementerian PUPR memanfaatkan limbah plastik untuk dijadikan campuran aspal semakin nyata, setelah melakukan uji gelar aspal plastik di Universitas Udayana Bali, Bekasi, Solo, Makassar dan Pasuruan. Kali ini uji gelar aspal plastik dilakukan di rest area 43A Tol Jakarta-Merak, Tangerang (Banten). Uji gelar aspal campur limbah plastik di tol merak ini merupakan uji gelar aspal plastik yang ke-6 di tahun 2017.

Kepala Badan Litbang PUPR Danis Sumadilaga menyampaikan dalam sambutannya “Jalan tol yang dikelola oleh PT Marga Mandala Sakti (MMS) atau ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak memiliki kualitas aspal yang baik dan mulus, dan merupakan jalan tol pertama yang menerapkan aspal campur limbah plastik”. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa limbah plastik kresek dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambah pada campuran beraspal. Dengan teknologi campuran beraspal ini manfaat yang dapat langsung dirasakan adalah berkurangnya sampah plastik sehingga menurunkan pencemaran terhadap lingkungan. Selain manfaat terhadap lingkungan, manfaat secara teknis juga dapat diperoleh yaitu dapat meningkatkan kinerja campuran beraspal. Dengan penambahan 6% limbah plastik (terhadap berat aspal) pada campuran, akan meningkatkan stabilitas sebanyak 40% dan lebih tahan terhadap deformasi serta retak lelah. Namun penambahan limbah plastik ini harus dibatasi, apabila penambahannya berlebihan akan menurunkan ketahanan campuran beraspal terhadap retak.

Turut hadir dalam acara gelar aspal campur limbah plastik di rest area tol merak yaitu Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi Rezeki Peranginangin, Kepala Balai Litbang Penerapan Teknologi Jalan dan Jembatan Budi Doelrachman, Kepala Balai Litbang Perkerasan Jalan Nyoman Suaryana, Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandala Sakti (MMS) Sunarto Sastrowiyoto serta para peneliti Balitbang PUPR dan stakeholder.

Penerapan limbah plastik dalam campuran beraspal di Rest Area Tol Merak ini adalah merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan uji coba penerapan aspal plastik di tahun 2017. (nd)