Galeri Foto


Rabu, 28 Februari 2018, Dilihat 340 kali

 

Penerapan Teknologi TPS 3R Berbasis Masyarakat di Kawasan Wisata Religi Gunung Pring



Gunung Pring, Rabu, 28 Februari 2018

Pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan mutlak dilakukan pada semua sektor, termasuk sektor pariwisata. Pada sektor ini, ketersediaan sarana prasarana persampahan dan teknologi yang ramah lingkungan sangat dibutuhkan guna meningkatkan daya tarik wisata. Salah satu situs wisata di sekitar Candi Borobudur adalah kawasan wisata religi Gunung Pring, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Kawasan ini selalu ramai di kunjungi peziarah khususnya pada setiap malam Jum’at dan bulan-bulan tertentu. Kegiatan wisata religi dan permukiman di sekitar makam Gunungpring ini menghasilkan timbulan sampah yang besar khususnya pada bulan-bulan puncak kunjungan. Petugas kebersihan lokasi makam tidak mampu melakukan kegiatan pengumpulan, pengangkutan, dan pengelolaan sampah  secara efektif.

Untuk menjawab tantangan dan permasalahan tersebut, Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi melalui Balai Litbang Penerapan Teknologi Permukiman melakukan kegiatan replikasi perdana teknologi, inovasi konsep kelembagaan, pembiayaan dan tata kelola persampahan di kawasan wisata religi Gunung Pring. Adapun replikasi perdana meliputi kegiatan perencanaan TPS 3R, pembangunan TPS 3R beserta fasilitas pendukung, penyusunan dokumen kesiapan teknologi, dan penyiapan kelembagaan pengelola TPS 3R.

Dalam replikasi perdana dilakukan pengembangan TPS 3R yang melayani kawasan wisata dan permukiman. Inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam dilahan sekitar TPS untuk dijual kepada pengunjung makam dikawasan wisata makam Gunung Pring. Hasil pengolahan tanki biodigester berupa gas akan digunakan untuk supply energi di warung sekitar TPS 3R. Sebagai suatu infrastruktur dan teknologi, TPS 3R kawasan wisata Gunung Pring terdiri dari bangunan hanggar, kantor, dan peralatan penungjang operasional.

Skema pengelolaan sampah yang akan diterapkan di TPS 3R Gunung Pring oleh KSM Berkah di mulai dari sistem pengumpulan dan pewadahan dari sumber (kompleks makam dan permukiman Gunung Pring), pengangkutan sampah, pengolahan sampah di TPS dan pemanfaatan hasil pengolahan sampah.