Galeri Foto


Rabu, 13 September 2017, Dilihat 142 kali

 

Forum Bisnis Penerapan Teknologi Balitbang PUPR



Jakarta, Rabu, 13 September 2017

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR melalui Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) melakukan dobrakan besar dalam pemanfaatan penerapan teknologi hasil litbang PUPR dengan mengadakan forum bisnis bersama mitra bisnis PUPR atau calon aplikator. Acara forum bisnis ini diadakan bersamaan dengan acara International Concrete Show South East Asia - Indonesia di Jakarta International Expo pada tanggal 13 September 2017.  

Agenda yang dibahas pada Forum Bisnis ini adalah produk litbang dari masing-masing Pusat Litbang yang sudah siap diaplikasikan untuk kepentingan masyarakat antara lain produk dari Puslitbang Sumber Daya Air ada Teknologi Blok Beton Terkunci, Teknologi Blok Beton 3B dan Teknologi Lining Saluran Modular. Produk dari Puslitbang Jalan dan Jembatan ada Teknologi Tambal Cepat Mantap (TCM) dan Teknologi Jembatan untuk Desa Asimetris (Judesa), sedangkan dari Puslitbang Perumahan dan Permukiman teknologi yang dipresentasikan adalah Teknologi Rumah Unggul Sistem Panel Instan (RUSPIN) dan Teknologi Biotur (Instalasi Daur Ulang Air Limbah).

Acara Forum Bisnis dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR yang diwakili oleh Kepala Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi Rezeki Peranginangin. Dalam sambutannya beliau mengatakan: “Kementerian PUPR tidak bergerak sendiri untuk menuntaskan pekerjaan besar. Perlu strategi yang inovatif dan out of the box, sekaligus kolaborasi yang intensif dengan para pemangku kepentingan, tak terkecuali dari kalangan swasta/industri. Agar tercipta inovasi yang dapat terus mendongkrak daya saing bangsa, maka iklim inovasi harus senantiasa ditumbuhkan; salah satunya dengan mengembangkan jejaring antara inventor dengan kalangan industri/bisnis sebagai pengembang teknologi/aplikator”.

Dengan adanya forum bisnis ini diharapkan aplikator menjadi mitra bisnis dan dapat memproduksi teknologi-teknologi unggulan hasil litbang secara massal sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur Indonesia.